Mengelola mata kuliah: tips meminta soal

Bismillah

Membuat soal ujian bagi sebagian pengajar terasa mudah. Namun bagi yang lain kadang sulit.
Di sisi lain, seorang penanggungjawab mata kuliah harus mengelola soal sebagai evaluasi pengajaran. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk "meminta-minta soal":

  1. Meminta dan terus meminta. Harus saling mengingatkan, barangkali karena kesibukan pengajar belum sempat membuatnya.
  2. Meminta bantuan pengajar yang senior. Kontak senior yang sangat berpengaruh. Pada beberapa bidang, senioritas masih sangat diperlukan :)
  3. PJMK membuatkan soal. Ini agak berat, karena pengajarlah yang seharusnya buat soal. Karena beliau ahli di bidang tersebut. Namun PJMK bisa membuatkan soal dengan tetap "kulonuwun".  Caranya, kirim soal yang sudah dibuat ke pengajar tersebut. Mintalah saran/masukan apakah ACC soal itu. Pada beberapa pengajar tips ini berhasil, namun pada beberapa tidak berhasil karena....beliaulah pakar dibidangnya. Tidak perlu ada pakar lain apalagi pakar pembuat soal bidang beliau hahaha.....
  4. Bongkar bank soal. Kalau ini bisa ditebak siswa. Siswa biasanya sudah punya kumpulan soal tahun lawas. Namun kita bisa modivikasi biar tidak sama persis, misal ubah pertanyaan atau option jawaban.
  5. Ini yang terpenting. Bangkitkan aspek masa depan. Bahwa ada amal jariyah yang terus mengalir. misal: Soal-soal itu bisa tetap menguji walau pembuat soal sudah tidak ada. Wallahu a'lam 


Komentar

Postingan Populer