Saya dan durian



Saya termasuk penggemar durian. Tapi bukan penggemar berat. Sekedar penikmat durian lokal seperti durian wonosalam, durian banyuwangi. Ya, Saya pernah ke banyuwangi makan puluhan durian/duren. Duren yang enak dan bermerk casio. Di -casio-rang alias disuguhi kawan kuliah. Hehehe....
Makan Durian terjauh mungkin saat saya ke medan. 

Tetapi saya masih kalah dengan seorang kenalan. Penggemar berat durian kelas atas. Saya tahunya ada duren mahal jenis monthong ya dari dia. Bahkan saking gemar duren, semua bisa terlihat bagai duren baginya.

Ini buktinya. Pernah saya beri sesuatu karena dia memintanya. Eh, mungkin dianggapnya pemberian saya itu durian. Seenaknya dibagi-bagi sambil nikmati baunya. Tidak peduli ada orang lain yang suka baunya atau tidak.... 

Duh, Padahal barang yang saya beri itu lebih mirip sebuah korek. Bukan duren. 
Ketika disuruh beli korek, saya langsung belikan. Tanpa banyak tanya untuk apa korek itu langsung serah terima....Eh kok korek itu dipakainya menyalakan rokok. Kaget plus heran. Secara refleks langsung saya labrak. Takjaluk maneh korek e.Tidak ridho saya....
kalau tidak saya tarik, saya pikir korek bisa dibuat nyalakan mercon atau bahan berbahaya lain. 

Namun saya salut dengannya. Dia pernah WA ke grup yg anggotanya banyak. Ada penggemar duren dan bukan penggemar duren. Pesan WA nya bagus. Mengutip nasihat yang sangat bijak.... 

Jika salah seorang di antara kalian pergi di pagi hari 
lalu mencari kayu bakar yang di panggul di punggungnya (lalu menjualnya), 
kemudian bersedekah dengan hasilnya 
dan merasa cukup dari apa yang ada di tangan orang lain, 
maka itu lebih baik baginya 
daripada ia meminta-minta kepada orang lain. 
Baik mereka memberi ataupun tidak, 
karena tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. 
Dan mulailah dengan menafkahi orang yang engkau tanggung” 
dan lain-lain panjang namun syarat hikmah.

Sayang, WA itu telah ter-delete. Tapi saya bersyukur sempat membaca. #Jangan meminta-minta. Pondasi dasar kalau anda ingin jadi penggemar durian sejati...

Komentar

Postingan Populer