Otak dan Diabetes

Diabetes mellitus (DM) dan otak memang memiliki banyak keterkaitan, demikian seperti dikutip dari majalah neurol Sci 2014. Hal ini juga di bahas di World Stroke Congress 2014 di Istanbul. 

DM menurut penelitian memiliki asosiasi dengan peningkatan risiko gangguan kognitif, demensia, dan stroke. Asosiasi DM dengan demensia bahkan disebutkan lebih kuat dibandingkan dengan Alzheimer, sehingga diperkirakan gangguan vaskular otak memiliki keterkaitan pada gangguan kognitif pasien DM. Mekanisme otak terkait dengan DM diduga bahwa DM dapat mempengaruhi vaskularisasi otak, mengganggu sinyal insulin otak, toksisitas glukosa, stress oksidatif, hipoglikemik, juga metabolisme amiloid dan banyak lainnya.

Gangguan kognitif dan demensia terkait DM terutama dilakukan dalam mencegah iskemik otak. Hingga kini memang belum ada obat yang di-approve untuk terapi demensia vaskular dan juga belum ada terapi farmakologik spesifik mencegah penurunan kognitif pada pasien DM. 

Namun banyak penelitian terkait manajemen faktor risiko vaskular pasien DM, seperti penurunan tekanan darah, kolesterol dan pengaturan kadar gula.   

Komentar

Postingan Populer