Isolasi bening dan lakban hitam untuk tambal selang radiator

Pengalaman minggu ini jaga unas di daerah.

Medan berkelok-kelok jalan bervariasi naik-turun dan bergelombang.

Mendadak suhu mesin naik, jarum penunjuk suhu melewati separuh. Terpaksa minggir di tepi jalan. Buka kap dan bikin adem mesin sebentar. Setelah intip mesin ternyata selang radiator robek sekitar 2-3 cm. Coba tanya warga bengkel terdekat ternyata jauh.

Alhamdulillah, ada toko kelontong. Coba ngarang-ngarang apa yang bisa buat nambal, akhirnya kepikiran cari selotip dan lakban. Dengan bantuan kearifan warga lokal, hehehe....selang dilepas dan robeknya dibebat.

Caranya. Lepas selang pakai tang. Selang kemudian bebat memutar. Lapisan pertama pakai selotip bening yang lebar. Bebat berkali-kali hingga menutupi lubang dan lebihkan beberapa cm di atasnya.

Kemudian, lapisi juga dengan cara bebat, pakai lakban hitam. Tarik kuat-kuat.Karena tekanan radiator nantinya sangat kuat. Kemudian rakit kembali selang...

Tapi ingat lakukan semua itu setelah mesin adem karena air radiator bertekanan tinggi dan panas bisa bikin kulit melepuh.

Alhamdulillah, terapi emergency bertahan untuk jarak 60 an km ...

Begitu sampai bengkel segeralah ganti dengan selang yang baru...

Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan Populer