Salah satu komplikasi stroke perdarahan

Stroke perdarahan intraserebral (PIS)  atau ICH (Intracerebral haemorrhage) merupakan penyebab kematian dan kecacatan. 
Jumlahnya sekitar 10-30 persen dari  stroke dengan angka kematian dalam 30 hari pertama sekitar 30-55 persen.
Angka kematian tersebut separuh terjadi dalam 48 jam pertama.
Komplikasi ICH meliputi ekspansi hematom, edem perihematom, intraventricular haemorrhage, hidrosephalus, thromboembolik vena, hiperglikemia, hipertensi, demam dan infeksi.
Komplikasi seperti ekspansi hematom, IVH, hidrosephalus dan hiperglikemia juga prediktor utama peningkatan kematian dan outcome yang buruk.

Ekspansi hematom
Ekspansi hematom merupakan peningkatan volume  perdarahan (pada CT scan evaluasi). Istilah lain yang sering digunakan adalah rebleeding, perdarahan ulang.

Sekitar 40 persen hematom juga akan meningkat pada jam pertama post iktal.

Mekanisme pasti belum jelas diketahui. Namun, diduga peran disregulasi dari hemostasis melalui aktivasi inflamasi dan ekspresi berlebihan MMP (matrix metalloprotein), kerusakan sawar darah otak, peningkatan tekanan intracranial (karena distorsi local jaringan otak).

Studi patologis menunjukkan gambaran beragam pada daerah sekitar perdarahan yang menunjukkan adanya rupture arteriol dan venule (akibat tarikan pembuluh darah setelah ekspansi bekuan).

Beberapa studi juga menunjukkan ekspansi terjadi 18-33 persen dalam 3 jam pertama.

Pemeriksaan CT angiografi menunjukkan ekstravasasi kontras (disebut juga spot sign) menunjukkan perdarahan yang progressive. Skor spot sign merupakan predictor mortalitas yang tinggi dan outcome yang buruk pada pasien ICH.

Intervensi untuk menangani ekspansi hematom dapat berupa terapi hemostatik, penurunan tekanan darah, pemberian reversal (pada pemakaian antikoagulan) dan evakuasi pembedahan. Pemakaian recombinant factor VII (rVIIa) membatasi perluasan hematom, namun meningkatkan risiko thromboembolik.

Studi INTERACT dan ATACH menunjukkan penurunan tekanan systole akan membatasi perluasan hematom pada ICH fase hiperakut. 

INTERACT 2 masih dalam penelitian untuk mengevaluasi keuntungan penurunan tekanan darah pada perluasan hematom dan outcome klinis.

Penanganan bedah pada kasus ICH dapat berupa kraniotomi, pembedahan minimal, dan dekompresi kraniektomi. STICH menunjukkan tidak adanya keuntungan pembedahan yang dilakukan dengan segera dibanding terapi konservatif. Namun analisa subgrup menunjukkan keuntungan pembedahan pada perdarahan lobar 1cm dari permukaan kortek.



Komentar

Postingan Populer