Ekspresi reseptor TNF alpha dan transduksi sinyal


-->
Aktivasi TNF alpha diperantarai melalui reseptor-reseptornya yang berada pada permukaan neuron, sel-sel glial dan sel endotel. Terdapat 2 jenis reseptor TNF alpha, TNFR1 dan TNFR2.
Aktivasi TNFR 1 akan menimbulkan proses apoptosis melalui produksi ceramide maupun akan langsung melalui jalur caspase, sehingga TNFR1 dikenal dengan nama reseptor kematian. TNFR1 bila berikatan dengan TRADD (TNF receptor-associated death domain) akan menimbulkan proses apoptosis. FADD (Fas-associated death domain) juga dapat berikatan dengan TNFR1 sehingga menimbulkan aktivasi jalur caspase. Namun bila TNFR1 berikatan dengan TRAF-2 (TNF alpha receptor-associated factor-2)akan menimbulkan aktivasi transkripsi gen NFkB, sehingga terjadi efek timbulnya mediator neuroprotektif seperti Calbindin chelator Calsium dan MnSOD (manganese superoxide dismutase) yang merupakan scavenger superoxide.
Aktivasi TNFR2 setelah berikatan dengan molekul transducer TRAF-2 akan menimbulkan aktivasi NFkB, dengan hasil akhir akan terjadi efek neuroproteksi.
(neuroinflammation 2011)

Komentar

Postingan Populer